VISI
Menjadi lembaga pendidikan teknik elektro yang unggul di tingkat nasional dalam bidang elektronika, telekomunikasi dan komputer multimedia.
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di tingkat nasional;
- Melaksanakan penelitian yang inovatif dan tepat guna bagi masayarakat dan industri;
- Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui penyuluhan, bantuan teknik dan pelatihan yang relevan dengan bidang elektro;
- Melaksanakan kerjasama penelitian dengan industri pengguna lulusan.
TUJUAN
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analisis dalam merumuskan dan mertancang sistem elektronika, telekomunikasi dan komputer multimedia;
- Menghasilkan penelitian yang tepat guna dan menyebarluaskan hasil penelitian melalui publikasi nasional;
- Mengambangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan bidang elektro;
- Mengembangkan kerjasama penelitian dengan industri untuk perancangan dan pelatihan dibidang elektro.
SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN
Sasaran Program Studi | Sasaran Pencapaian |
---|---|
a. Peningkatan jumlah kelulusan tepat waktu (8 semester) |
1. Meningkatkan peranan Dosen untuk pembimbingan akademik dan memotivasi mahasiswa untuk lulus tepat waktu setiap awal semester; 2. Menjalin kerjasama dengan industri untuk memperbanyak lokasi praktek kerja lapangan (PKL) secara berkesinambungan; 3. Mendorong Dosen untuk menyertakan mahasiswa tingkat akhir dalam penelitiannya; 4. Meningkatkan perolehan dana hibah penelitian (DIPA maupun DP2M) untuk mempercepat penyelesaian tugas akhir mahasiswa; 5. Meningkatkan pelayanan laboratorium untuk menunjang penelitian oleh dosen dan mahasiswa. |
b. IPK lulusan rata-rata minimal >= 2.75 | Meningkatkan peran aktif Dosen pembimbing akademik (PA) selama proses belajar-mengajar;Menggunakan metode Student Centered Learning (SCL) dalam proses pengajaran;Meningkatkan kualitas dan meningkatkan fasiltas proses belajar-mengajar;Mengadakan pelatihan metode pembelajaran yang efektif dan efisien setiap tahun akademik. |
c. Peningkatan jumlah penelitian dosen (2 judul per tahun) dan kualitas penelitian |
Mengadakan pelatihan penulisan proposal untuk mendapatkan dana penelitian bertaraf nasional/internasional dan meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis ilmiah;Pengelompokkan Dosen berdasarkan keahliannya;Menerapkan budaya kompetisi untuk memperoleh hibah penelitian;Alokasi dana stimulasi penelitian;Menyediakan informasi penelitian yang didanai dari luar institusi. |
d. Peningkatan kerjasama riset dan pengabdian |
Mencari mitra di dalam dan di luar negeri untuk kerja sama terkait dengan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat;Implementasi hasil riset untuk membantu menyelesaikan permasalahan di masyarakat. |
e. Peningkatan kompetensi dosen (2 kegiatan pertahun) | Memotivasi dan mengirimkan dosen dosen untuk studi lanjut ke jenjang S3;Mengirimkan Dosen untuk kegiatan workshop, seminar, lokakarya, magang dan lain-lain;Mendukung dab memfasilitasi Dosen dalam melaksanakan kegiatn penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;Membantu Dosen untuk berpartisipasi dalam kegiatan seminar nasional dalam rangka mempresentasikan hasil penelitiannya;Membantu publikasihasil penelitian Dosen di jurnal lokal dan nasional;Mendukung Dosen dalam rangka penulisan bahan ajar, diktat, dan buku ajar. |
f. Peningkatan Kompetensi Mahasiswa (2 kagiatan per tahun) | Meningkatkan kemampuan soft skill mahasiswa melalui kegiatan praktikum, praktek kerja lapangan, magang kerja di perusahaan, lomba karyailmiah, seminar dan pelatihan-pelatihan;Melakukan pengarahan kepada lulusan untuk mendapatkan lapangan kerjasesuai dengan bidang elektro;Memberikan informasilowongan pekerjaan dari alumni dan perusahaan yang sesuai dengan bidang elektro;Menyelenggarakan studi ekskursi ke industri-industri. |
g. Peningkatan pelayanan sistem administrasi akademik yang efektif dan efisien. | Pelayanan administrasi diselesaikan paling lama 3 hari kerja ;Membentuk organisasi penjaminan mutu;Menyusun dokumen mutu;Melakukan sosialisasi;Melaksanakan standar mutu (benchmarking);Penggunaan sistem informasi akademik online. |
h. Kehadiran mahasiswa dalam kuliah minimal 75% dari jumlah kuliah dalam satu semester | Tanda tangan kehadiran mahasiswa dan sistem pelaporan kehadiran melalui Sentra Pelayanan Akademik (SPA) secara online ke Ketua Program Studi;Pelaksanaan dan pemberlakukan sanksi akademik kepada mahasiswa secara konsisten; |
i. Kesesuaian dan pencapaian pelksanaan perkuliahan terhadap SAP (100%) | Feedback berupa pengisian kuisioner oleh mahasiswaterhadap dosen mata kuliah yang dilakukan secara online pada setiap akhir semester yang berisi evaluasi cara belajar-mengajar dan kesesuaian dengan SAP;Monitoring evaluasi kesesuaian materi pengajaran dengan SAP dan silabus;Kontrol kehadiran pada setiap bulan dalam semster aktif untuk memantau kehadiran dosen (pemantauan juga dapat dilakukan melalui sistem online) |