VISI

Sebagai Program Studi yang mampu menghasilkan sarjana profesional dalam bidang Teknik Mesin yang berbasis budaya dan berwawasan lingkungan serta termasuk dalam peringkat 30 terbaik program studi Teknik Mesin tingkat nasional pada tahun 2025.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan program pendidikan Sarjana Teknik Mesin yang menerapkan dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang Konversi Energi, Manufaktur dan Konstruksi Mesin yang berwawasan lingkungan dan bermoral;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas sesuai bidang Teknik Mesin;
  3. Menjalin kerjasama dalam membangun jejaring guna perbaikan mutu pendidikan dan Tridarma PT.

 

TUJUAN

  1. Terselenggaranya pendidikan yang berkualitas di bidang Teknik Mesin, yang mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi 4.0.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan keterampilan dibidang Teknik Mesin, berpikir kreatif, inovatif, kritis, professional dan mampu mengelola suatu unit organisasi sehingga mampu bersaing di pasar tenaga kerja pada tingkat nasional maupun internasional.
  3. Terpublikasikannya basil seminar, konferensi, dan penelitian dosen dan mahasiswa jurnal ilmiah, yang memberikan dalam diskusi, kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan sesuai  kebutuhan nasional dan internasional.
  4. Dihasilkannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang memiliki kontribusi nyata pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan media komunikasi
  5. Dihasilkannya kerjasama dan kolaborasi dengan instansi pemerintah serta dunia usaha dan industri, dalam rangka pengembangan kurikulum, kualitas pembelajaran, penelitian, dan pemberdayaan 

 

STRATEGI

  1. Melaksanakan evaluasi kurikulum secara rutin setiap 5 (lima) tahun sekali, agar dapat beradaptasi dengan perubahan tuntutan pasar di dunia usaha dan industri.
  2. Menerapkan kurikulum berbasis OBE (Outcome Based  Education) dengan mengintegrasikan program-program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalarn proses pembelajaran, yang berorientasi pada prestasi mahasiswa.
  3. Mendorong dosen dan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam seluruh skema program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
  4. Mendorong dosen dan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik yang bersumber dari bantuan internal perguruan  tinggi, hibah pemerintah, maupun insentif dunia usaha dan industri.
  5. Mendorong dosen dan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan forum ilmiah seperti diskusi, seminar, konferensi, termasuk publikasi basil riset di jurnal ilmiah, baik standar nasional maupun internasional.
  6. Mengembangkan sarana dan prasarana pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi digital dan internet, termasuk pengembangan laboratorium.
  7. Membangun jejaring dengan berbagai pihak, antara lain:
  8. Asosiasi pendidikan tinggi (BK-STM).
    1. Ikatan alumni UNAS
    2. Asosiasi profesi
    3. Stakeholder