CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
PRODI TEKNIK FISIKA
| Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) SN-DIKTI | CPL Reformasi IABEE |
| Sikap |
|
S1 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | Professional Responsibility CP-H |
S2 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan | Professional Responsibility CP-H |
| Keterampilan Umum |
|
KU1 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | Contemporary Issues CP-F |
KU2 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; | Experimental Training CP-B |
KU3 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; | Teamwork CP-G Communication Skill CP-I
|
KU4 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; | Teamwork CP-G Communication Skill CP-I |
KU5 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan | Long-Life Learning CP-J |
KU6 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | Technical Know-How CP-E |
KU7 | Kemampuan manajerial | Professional Responsibility CP-H |
| Keterampilan Khusus |
|
KK1 | Mampu menerapkan prinsip-prinsip matematika dan sains alam, serta prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks (complex engineering problem); | Scientific Expertise CP-A |
KK2 | Mampu menemukan sumber masalah rekayasa melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa; | Problem Solving CP-D
|
KK3 | Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa; | Problem Solving CP-D
|
KK4 | Mampu merumuskan alernatif solusi untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan; | Problem Solving CP-D |
KK5 | Mampu merancang sistem, proses, dan komponen dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan; | Design Abilities CP-C |
KK6 | Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa. | Teamwork CP-G Communication Skill CP-I |
| Pengetahuan |
|
P1. | Menguasai konsep teoretis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem, proses, produk atau komponen; | Problem Solving CP-D |
P2. | Menguasai konsep sains alam dan prinsip dalam mengaplikasikan matematika rekayasa; | Problem Solving CP-D |
P3. | Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem, proses, atau komponen; | Technical Know-How CP-E |
P4. | Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum; | Technopreneurship CP-K |
P5. | Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini | Contemporary Issues CP-F |